Jumat, 28 Juni 2013

Seni

Seni adalah hasil dari imajinasi, pikiran, perasaan, intuisi manusia, yang melalui proses kreatifitas yang diaplikasikan pada media tertentu dan memiliki nilai estetis. (Sabranjuni : 2010)

Seni timbul karena keinginan pribadi dan tak bisa dipaksakan oleh pihak manapun.
Berkarya dalam seni dimulai dari dalam diri pada individu bukan karena dibutuhkan orang lain.
Berkaryalah dahulu dan biarkan orang lain yang membutuhkan atau tidaknya terhadap karya tersebut. Bukan karena dibutuhkan orang lain baru hendak berkarya.
Berkesenian adalah kegiatan / kreativitas yang melahirkan karya baru, bukan menggunakan karya orang lain yang sudah ada dalam berkesenian.


Seni secara global dibagi menjadi dua, yaitu seni audio visual (seni pertunjukkan) dan seni visual (seni rupa)

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menggunakan unsur-unsur rupa (garis, bidang, bentuk, warna, ruang dan tekstur) sebagai media ungkapnya. Oleh karena unsur-unsur rupa sebagai medianya maka seni rupa ini terutama untuk konsumsi penglihatan.

Seni murni adalah seni yang lebih bersifat subjektif, maksudnya pada setiap hasil karya seniman dapat dikatakan sebagai murni adalah karya seni tersebut merupakan hasil dari imajinasi dan kreatifitas dari seniman itu sendiri tanpa ada faktor lain dari lingkungan luar seniman.

Seni Terapan adalah karya seni murni tersebut merupakan hasil dari imajinasi dan kreatifitas dari seniman itu sendiri selain memiliki unsur estetis juga memiliki fungsi dan nilai guna.

Menggambar adalah proses memmbuat sebuah gambar yang terikat dengan sebuah aturan, ukuran, dan standar tertentu. Sedangkan Melukis adalah proses membuat gambar yang tidak terikat dengan aturan, ukuran dan standar apapun, memang murni hasil dari imajinasi, fantasi, kreatifitas seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar